4 Fungsi GPS untuk Truk dalam Efisiensi Armada

Dengan menggunakan GPS untuk truk, efisiensi armada Anda akan meningkat. Maksimalkan efisiensi Armada Anda dengan GPS untuk truk. Simak selengkapnya di sini!

Manajemen armada bisnis truk modern menawarkan berbagai fitur yang menjadikan anda dapat meningkatkan tingkat efisiensi armada Anda dengan lebih baik. Salah satu fitur teknologi yang ditawarkan adalah GPS  truk. Dengan menggunakan GPS untuk truk, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas armada Anda, meningkatkan keamanan truk Anda, mengurangi biaya operasional bisnis Armada Anda dan meningkatkan kepuasan pelanggan. 

GPS untuk Truk

GPS (Global Positioning System) tracker merupakan perangkat yang digunakan sebagai alat pelacak keberadaan suatu barang tertentu. Alat ini biasanya digunakan pada kendaraan seperti motor, mobil, truk maupun bus guna mengantisipasi dari pencurian kendaraan. GPS tracker ini tidak sama dengan sistem navigasi. GPS navigasi hanya biasa digunakan oleh pengendara untuk menunjukkan jalan sampai ke titik yang telah Anda tentukan. 

Sedangkan GPS untuk truk dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi armada Anda (dalam hal ini armada transportasi truk) secara real time. Dengan menggunakan GPS truk Anda dapat memantau lokasi dan aktivitas kendaraan menggunakan teknologi seluler dan satelit. Pada saat Anda memantau truk armada Anda secara real time, Anda dapat membuat keputusan strategis untuk mempersingkat waktu pemuatan, meningkatkan produktivitas harian, memperkirakan konsumsi bahan bakar dan tingkat emisi, serta melacak penggunaan aset transportasi.

4 Fungsi Penggunaan GPS untuk Truk

Sebuah fitur teknologi pelacakan GPS dapat melakukan pekerjaan lebih dari sekedar membantu pengemudi mendapatkan lokasi dari titik A ke titik B, tetapi GPS truk memiliki  4 fungsi ini untuk armada bisnis Anda.  

  • GPS untuk Truk Meningkatkan Keamanan

Mengetahui keberadaan pengemudi di suatu rute setiap saat dapat mengingatkan Anda ketika transportasi truk armada Anda memasuki suatu area yang berbahaya dan meminimalisir tindakan pencurian kendaraan dan kargo Anda. Alat GPS memberikan peringatan waktu secara real time saat truk Anda memasuki atau keluar dari area tertentu. 

Sistem pelacakan GPS truk juga dapat berdampak positif bagi keselamatan pengemudi dan jalan. Dengan akses ke data telematika terkait kecepatan atau pengereman keras, manajer keselamatan armada dapat memantau perilaku pengemudi.

  • GPS untuk Truk Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas 

GPS truk juga memberikan visibilitas waktu nyata di seluruh operasi armada. Ini dapat mendukung produktivitas dengan mengurangi ketergantungan pada komunikasi manual. Anda dapat dengan mudah mengakses data operasional real-time dan historis untuk pengemudi, peralatan, dan kendaraan tanpa harus menghubungi pengemudi selama pekerjaan mereka di jalan. 

Mengetahui keberadaan kendaraan armada dengan melacak truk dengan GPS juga memungkinkan pengoptimalan rute secara real-time. Mengantisipasi perubahan kondisi cuaca atau mencatat lalu lintas atau kecelakaan pada rute yang direncanakan, Anda dapat mengubah rute kendaraan agar pengiriman sesuai jadwal.

  • GPS untuk Truk Mengurangi Biaya

Data pelacakan GPS menyediakan akses ke tampilan mata burung secara real-time, tetapi wawasan juga dapat diperoleh dari laporan lokasi historis. Mengetahui di mana kendaraan truk berada, rute mana yang dipilih pengemudi, dan berapa lama mereka menyelesaikan perjalanan memungkinkan untuk mengoptimalkan perjalanan di masa mendatang. Ini dapat membantu Anda mengidentifikasi rute mana yang harus dihindari (misalnya, untuk menghindari waktu diam atau area berisiko tinggi pencurian). Dengan memilih rute yang lebih aman dan efisien, manajer armada dapat meningkatkan penghematan bahan bakar dan memangkas biaya perawatan.

  • GPS untuk Truk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

GPS untuk truk hadir dengan fungsi tambahan geofencing. Dengan geofence di sekitar lokasi penjemputan dan tujuan pengantaran, pelanggan dapat mengetahui perkembangan truk. GPS untuk truk yang terus diperbarui berdasarkan lintasan, lalu lintas, dan kondisi cuaca saat ini juga membantu memberikan informasi terbaru kepada Anda dan pelanggan tentang kapan harus menunggu truk. Tingkat komunikasi ini dapat membantu meningkatkan hubungan pelanggan.

 

Nah, demikian ulasan singkat mengenai fungsi GPS untuk truk bagi pengelolaan armada bisnis Anda. Apabila Anda tertarik untuk meningkatkan efisiensi armada bisnis Anda, Yuk kunjungi arvento.id atau hubungi Arvento Indonesia untuk informasi seputar GPS dan produk-produk lainnya! 

Hubungi kami untuk konsultasi alat pelacak kendaraan

Receive the latest news in your email
Table of content
Related articles