Apa Itu Tracking Paket dan Tracker Lokasi?Ketahui 4 Perbedaannya!

Tracking paket dan tracker lokasi berperan dalam tercapainya keamanan dan efisiensi logistik. Namun, apakah fungsi dan manfaatnya sama? Temukan jawabannya di sini!

Aktivitas tracking paket dan lokasi kini dapat dilakukan secara mudah. Keberadaan kendaraan dan paket, hingga lokasi sebuah tempat dapat Anda akses dengan mudah melalui gadget yang dimiliki. Semuanya dapat terhubung melalui internet, sehingga Anda dapat mencegah kehilangan paket penting ataupun tersesat saat bepergian menuju suatu lokasi.

 

Apa itu Tracking Paket?

Pelacakan paket atau package tracking adalah proses pemantauan dan pelacakan pergerakan suatu paket atau kiriman dari titik awal hingga ke titik tujuan. Melalui pelacakan ini, Anda dapat memantau lokasi secara spesifik seperti lokasi pengiriman, transit, hingga lokasi penerimaan. Umumnya, pelacakan dilakukan oleh layanan pengiriman dan logistik untuk memastikan pelanggan mengetahui informasi dari status pengiriman paket mereka.

Apa itu Tracker Lokasi?

Sama halnya dengan pelacakan paket, location tracking atau pelacakan lokasi adalah proses untuk memonitor pergerakan dan lokasi kendaraan secara real-time dan spesifik. Pelacakan ini dapat memberikan bantuan bagi pemilik maupun pengelola kendaraan sehingga mereka dapat mengawasi dan mengelola armada, meningkatkan efisiensi operasional, juga memastikan keamanan dan keandalan kendaraan.

 

4 Perbedaan Tracking Paket dan Tracker Lokasi

Meskipun cara pemantauan dan pengumpulan informasi untuk pelacakan paket serta lokasi dilakukan melalui teknologi pelacakan, keduanya tetap memiliki beberapa perbedaan. Khususnya dalam penggunaan, fungsionalitas, dan manfaatnya yang berbeda secara signifikan. Oleh karena itu, pemahaman mengenai perbedaan-perbedaan tersebut sangatlah penting agar pemanfaatannya dapat digunakan secara optimal sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Lingkup Aplikasi

Pengaplikasian tracking paket atau pelacakan paket biasanya dilakukan oleh perusahaan ekspedisi, kurir, dan jasa logistik untuk memberikan informasi terkini tentang status pengiriman kepada pelanggan. Teknologi pelacakan paket memastikan Anda mendapatkan informasi terbaru mengenai waktu pengiriman paket, kapan paket tersebut tiba di pusat distribusi, dan perkiraan waktu kapan akan tiba di tujuan.

Berbeda dengan pelacakan paket, pelacakan kendaraan digunakan dalam berbagai industri, termasuk transportasi, konstruksi, logistik, rental mobil, dan manajemen armada. Dengan demikian, informasi seperti posisi, kecepatan, dan kondisi kendaraan dapat diketahui secara real-time oleh pemilik maupun pengelola kendaraan. Memastikan pemantauan dapat dilakukan secara menyeluruh dan mendetail.

  • Jenis Teknologi yang Digunakan

Teknologi RFID (Radio-Frequency Identification) atau sistem barcode biasanya digunakan dalam tracking paket. Barcode akan dipasang pada setiap paket atau label pengiriman, sehingga ketika paket melewati titik-titik tertentu, sistem membaca RFID atau barcode untuk memperbarui status pengiriman.

Pelacakan kendaraan tidak membutuhkan pembacaan sistem yang dilakukan secara bertahap. Karena, tracker lokasi menggunakan teknologi GPS (Global Positioning System) yang dipasang pada kendaraan. Pengendara maupun pengelola tidak perlu melakukan update secara manual, karena data mengenai lokasi dan informasi pergerakan kendaraan dapat dipantau secara real-time

  • Tujuan Pelacakan

Tujuan utama tracking paket tentunya adalah untuk memberikan informasi mengenai status dan lokasi keberadaan paket kepada pelanggan. Hal ini membantu mengurangi ketidakpastian dan memberikan transparansi pengiriman kepada pelanggan. Transparansi juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan atas jasa yang diberikan.

Pelacakan kendaraan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional, keamanan, dan pemeliharaan armada kendaraan. Tidak hanya bagi kendaraan perusahaan, pelacakan juga dapat dilakukan bagi kendaraan pribadi. Informasi real-time dapat memberikan kepastian mengenai posisi kendaraan, membantu memperbaiki rute perjalanan, memantau kinerja pengemudi, dan tentunya mengurangi risiko pencurian maupun penyalahgunaan kendaraan.

  • Manfaat Tracking Paket dan Tracker Lokasi

Terjaganya transparansi dan kepercayaan antara pemberi jasa dan pelanggan menjadi manfaat utama pelacakan paket. Pelanggan dapat secara mandiri mengakses informasi mengenai proses pengiriman mereka. Kepercayaan juga dapat terbentuk ketika pelanggan dapat secara langsung memantau keberadaan paket mereka demi mencegah kehilangan. Tidak hanya bermanfaat bagi pengoptimalan jalur logistik pengiriman, pelacakan juga dapat menjadi data krusial yang dibutuhkan untuk memperbaiki efisiensi operasional.

Pelacakan kendaraan memberikan penggunanya manfaat yang komprehensif dan juga lebih luas. Visualisasi pergerakan kendaraan juga digunakan untuk memastikan keamanan serta keselamatan pengemudi dan kargo. Efisiensi juga dapat ditingkatkan melalui evaluasi jalur perjalanan, sehingga pemilik kendaraan dapat mengurangi konsumsi bahan bakar yang diharapkan dapat memperpanjang umur kendaraan. Tidak hanya itu, bantuan informasi real-time yang tepat mampu meningkatkan produktivitas. Dengan demikian, biaya operasional dapat ditekan dan keuntungan dapat bertambah. 

 

Pelacakan paket dan kendaraan memang memiliki perbedaan berdasarkan cakupan dan tujuannya. Namun, keduanya tetap memainkan peran penting dalam memastikan bahwa proses pengiriman dan manajemen armada tetap transparan, efisien, dan aman dalam setiap aktivitasnya.

Rekomendasi Alat Pelacakan Lokasi Terbaik

Arvento Vehicle Tracking adalah alat pelacak yang menawarkan fitur canggih, dengan sensitivitas dan akurasi lokasi yang tinggi. Tidak hanya melakukan pelacakan secara real-time, pelacak ini juga dapat memantau titik awal dan titik akhir keberangkatan, bahkan waktu dan jarak tempuh yang dibutuhkan.

Akses terhadap informasi tersebut juga dapat dengan mudah didapatkan melalui web, aplikasi komputer, maupun handphone. Selain itu, web dan aplikasi untuk Sistem Pelacakan Lokasi Arvento telah disertai oleh peta digital. Pengguna dapat mempersonalisasi dan menyesuaikan peta digital sesuai kebutuhan, seperti menambahkan lokasi utama, kantor, dan titik penting lainnya. Dengan demikian, pengguna dapat melakukan pemantauan juga mendapatkan notifikasi dan pemberitahuan secara langsung kepada gadget yang sudah terhubung dimanapun dan kapanpun.

 

Gunakan Vehicle Tracking  dari Arvento dan pastikan aktivitas pengiriman serta kendaraan Anda tetap aman, terpantau, efisien, dan produktif!

Anda juga bisa berkonsultasi untuk panduan yang akurat tentang memasangkan, mengaktifkan, dan menggunakan sistem pelacakan Arvento secara efektif. Untuk informasi lebih lanjut dan menjelajahi opsi yang sesuai dengan kebutuhan khusus Anda, Kunjungi arvento.id atau hubungi Arvento Indonesia di sini!

Hubungi kami untuk konsultasi alat pelacak kendaraan

Receive the latest news in your email
Table of content
Related articles