5 Fungsi Manajemen Armada dalam Bisnis Perikanan

Salah satu bisnis yang cukup menjanjikan dan banyak dilakukan oleh masyarakat adalah bisnis perikanan. Dalam bisnis perikanan, tentunya terdapat proses penyimpanan dan distribusi, baik untuk ikan hasil tangkapan ataupun pakan ikan.

Namun, proses manajemen penyimpanan dan distribusi ini terkadang menyulitkan pihak pebisnis ikan karena tidak jarang melibatkan banyak armada kendaraan. Di sinilah fungsi manajemen armada memegang peran krusial dalam bisnis perikanan. Jika manajemen armada ini tidak dikelola dengan baik, maka proses penyimpanan dan distribusi bisa saja terhambat yang berujung menimbulkan kerugian fatal. 

Sebelum memasuki bagian fungsi manajemen armada, kita harus memahami apa itu manajemen armada terlebih dahulu. Yuk, langsung masuk ke pembahasan mengenai apa itu manajemen armada di bawah ini!

 

Apa itu Manajemen Armada Dalam Bisnis Perikanan?

Manajemen armada dapat diartikan sebagai proses yang melibatkan pengawasan terhadap armada kendaraan serta aset terkait lainnya. Selain melakukan pengawasan, manajemen armada juga mengoptimalkan efisiensi pekerjaan, mengendalikan biaya untuk memaksimalkan profit, dan memperkecil risiko yang bersumber dari armada kendaraan dan aset bisnis.

Terdapat berbagai manfaat dari manajemen armada yang baik. Terutama dalam bisnis perikanan yang membutuhkan lebih banyak perhatian pada proses distribusinya terkait suhu dan kondisi ruangan di sekitar ikan.

Untuk mempermudah proses distribusi produk yang sensitif terhadap suhu ini, seringkali pebisnis di bidang perikanan menggunakan GPS tracker yang dilengkapi dengan sensor suhu untuk memastikan pengiriman menjadi lebih aman. Adapun beberapa fungsi manajemen armada menggunakan GPS tracker adalah sebagai berikut. 

 

5 Fungsi Manajemen Armada dengan GPS Tracker dalam Bisnis Perikanan

Berikut ini adalah lima fungsi manajemen armada dalam bisnis khususnya di bidang perikanan. 

  • Pelacakan Lokasi Armada dan Rute Pengiriman

Dalam proses pengiriman produk perikanan, penting bagi Anda untuk mengetahui lokasi barang yang sedang dikirim. Fungsi utama GPS tracker dalam manajemen armada adalah untuk memberikan kemudahan pelacakan lokasi dan rute pengiriman secara real-time.

Selain melacak lokasi, GPS tracker juga memberikan informasi rute pengiriman terbaik. Dengan memilih jalur yang paling efektif, pengiriman akan terhindar dari daerah berbahaya sehingga suhu kendaraan yang membawa produk ikan selalu terjamin aman sampai ke tujuan.  

  • Pemantauan Suhu dan Kualitas Produk

Selanjutnya, fungsi manajemen armada yang menggunakan GPS tracker adalah untuk memantau suhu produk, kondisi kendaraan, dan kualitas dari produk selama pengiriman. Fungsi ini sangat bermanfaat untuk memastikan bahwa produk yang dibawakan tidak ditempatkan dalam ruang penyimpanan dengan suhu sembarangan, sehingga produk selalu dalam kondisi optimal sampai ke tujuan.

  • Manajemen Inventaris dan Logistik Armada

GPS tracker juga berfungsi sebagai alat manajemen logistik yang memberikan berbagai informasi dan data akurat yang dapat diakses secara real-time. Contohnya adalah informasi keberadaan dan status pengiriman. Dengan data ini, Anda dapat memberikan kepastian mengenai waktu kedatangan produk untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Peningkatan efisiensi distribusi yang terjadi pun akan mengurangi kerugian akibat keterlambatan pengiriman.

Dengan adanya sensor suhu, Anda juga bisa mendapatkan peringatan jika ada perubahan suhu yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak disengaja sehingga Anda dapat segera mengambil tindakan dan mengatasi hal tersebut.  

  • Pengawasan Keamanan Armada dan Kepatuhan 

Fungsi lain dari GPS tracker adalah untuk membantu Anda memastikan seluruh armada mengikuti rute yang telah ditentukan dan tidak melakukan aktivitas ilegal seperti penyelundupan produk. Fungsi manajemen armada ini menjamin bahwa tidak akan terjadi pencurian produk yang bisa menyebabkan kerugian.

Sensor suhu juga dapat membantu dalam memastikan kepatuhan terhadap peraturan suhu penyimpanan yang telah ditetapkan sesuai standar pengiriman. Hal ini dapat mengurangi potensi perubahan suhu yang tidak sesuai dengan kebutuhan penyimpanan dan distribusi ikan. 

  • Analisis Data dan Peningkatan Efisiensi Armada

Fungsi terakhir dari manajemen armada yang dilakukan dengan GPS tracker dan sensor suhu adalah mempermudah analisis data dan meningkatkan efisiensi armada dalam bisnis perikanan. 

Dengan adanya data yang terkumpul dari GPS tracker dan sensor suhu, Anda dapat mengidentifikasi pola, masalah, dan area yang kinerjanya perlu ditingkatkan kembali. Fungsi manajemen armada ini akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari proses pengiriman produk secara menyeluruh. 

 

Itulah lima fungsi manajemen armada dengan menggunakan GPS tracker dan sensor suhu pada bisnis perikanan. Tentunya, GPS tracker dan sensor suhu menjadi alat yang cukup penting dalam proses manajemen armada di bisnis perikanan.

Dengan GPS tracker dan sensor suhu, Anda dapat terbantu dalam hal pelacakan lokasi, penentuan rute pengiriman, pemantauan suhu, manajemen logistik, pengawasan keamanan, dan analisis data dari pengiriman produk dengan armada yang ada.

 

Rekomendasi GPS Tracker Terbaik Arvento

Kini telah banyak beredar berbagai macam pilihan GPS tracker yang bisa Anda gunakan saat berbisnis. GPS tracker dari Arvento bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda untuk memaksimalkan fungsi manajemen armada.

Arvento merupakan sebuah perusahaan yang berfokus untuk memberikan pengalaman berbisnis dan berkendara terbaik bagi penggunanya melalui peningkatan kualitas produk. Produk yang ditawarkan oleh Arvento pun selalu didukung oleh teknologi terbaik dan terkini sehingga Anda dapat menggunakannya dengan sangat mudah kapan saja dan di mana saja. 

Selain itu, Arvento juga memiliki berbagai macam produk yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Melalui katalog berikut ini, Anda bisa dengan mudah melihat berbagai pilihan yang GPS tracker untuk digunakan sehari-hari. Jika masih merasa bingung dalam menentukan pilihan yang cocok, Anda juga bisa mengunjungi arvento.id atau menghubungi Arvento Indonesia untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 

Tunggu apa lagi? Yuk beralih ke alat pelacak terbaik dari Arvento untuk pengalaman berbisnis yang jauh lebih baik dan efisien!

Hubungi kami untuk konsultasi alat pelacak kendaraan

Receive the latest news in your email
Table of content
Related articles