6 Fitur Penting dalam GPS Tracker System, Sudah Punya

Tidak hanya pelacakan lokasi, fitur pada GPS tracker system semakin lengkap dan memudahkan manajemen kendaraan Anda. Mau tau apa saja fitur penting dalam GPS Tracker System? Jangan lewatkan artikel ini! 

Global Positioning System (GPS) tracker system adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk menunjukkan lokasi sebuah benda/objek, biasanya berupa kendaraan, asset, hewan, atau objek lainnya. Namun, GPS tracker system saat ini tidak hanya sebatas alat pelacakan lokasi, melainkan telah berkembang menjadi suatu alat multifungsi. 

Perusahaan atau produsen yang bergerak dibidang telematika armada dan sistem pelacakan telah mengembangkan inovasi-inovasi modern lainnya. Salah satunya pengembangan fitur-fitur penting yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar, sehingga fungsinya menjadi lebih luas lagi. Mau tau apa saja fitur penting dalam GPS Tracker System? Yuk simak ulasannya!

Fitur Penting dalam GPS Tracker System

Demi memaksimalkan fungsi GPS tracker, Anda perlu memperhatikan fitur-fitur apa saja yang terdapat pada perangkat GPS Anda. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan kebutuhan pematauan kendaraan Anda dan memudahkan sistem manajemen armada. Berikut ini enam fitur penting GPS tracker system yang wajib ada pada perangkat pelacak kendaraan agar manajemen armada semakin efisien:

  • GPS Tracker System dengan Sistem Pelacakan Real-Time

Fitur utama yang terdapat pada GPS tracker sistem yaitu sistem pelacakan secara real-time. Anda dapat melacak lokasi suatu objek kapan pun dan dimana pun, sehingga Anda dapat melihat posisi akurat dan aktual dari perangkat yang dilacak. Hal ini berguna untuk memonitor setiap kegiatan operasional yang mungkin perlu untuk dimonitor.

  • GPS Tracker System dengan Monitor Bahan Bakar

Monitor bahan bakar atau fuel sensor adalah perangkat yang dirancang untuk melakukan pengukuran tingkat bahan bakar yang akurat di tangki kendaraan. Tidak hanya itu, fitur ini juga dapat memberikan informasi secara detail mengenai waktu pengisian bahan bakar, notifikasi apabila terjadi pengurangan bahan bakar secara drastis seperti saat terjadi pencurian.

  • GPS Tracker System dengan Geofencing

Geofencing adalah fitur yang terdapat pada GPS yang memanfaatkan jaringan satelit Global Positioning System (GPS) dengan mengidentifikasi frekuensi radio lokal (seperti node Wi-Fi atau Bluetooth) untuk membuat batas-batas virtual di sekitar lokasi. Fitur ini digunakan untuk memantau pergerakan objek seperti kendaraan, asset, atau objek lainnya serta dapat mengetahui aktivitas pengemudi secara akurat. Fitur ini sangat berguna untuk memantau atau membatasi pergerakan perangkat di area tertentu.

  • GPS Tracker System dengan Notifikasi dan Peringatan

Sistem Pelacak GPS dapat menyediakan informasi dan notifikasi langsung ke perangkat yang terhubung. Anda dapat menerima pemberitahuan tentang setiap aktivitas yang dilakukan objek, mobilisasi di luar jangkauan yang telah ditentukan, atau bahkan ketika kondisi darurat seperti kecepatan tinggi atau pengereman mendadak. Hal ini membantu anda bertindak segera untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya suatu yang tidak diinginkan.

  • GPS Tracker System dengan Pelacak Kinerja

GPS juga dilengkapi dengan fitur pelacakan kinerja. Seperti melakukan pemantauan terhadap berbagai aktivitas operasional seperti pemantauan terhadap perilaku pengemudiya,  konsumsi bahan bakar, waktu yang digunakan, lokasi yang dilalui dan berbagai parameter lain yang terkait dengan kinerja kendaraan atau perangkat yang dilacak Fitur ini berguna dalam membantummemanajemen armada.

  • GPS Tracker System dengan On-board diagnosis (OBD)

On-board diagnosis (OBD) adalah sistem yang dipasang pada kendaraan bermotor untuk memantau dan mendeteksi masalah yang berkaitan dengan kinerja dan emisi kendaraan. OBD mengumpulkan data dari berbagai sensor di dalam kendaraan untuk mengidentifikasi kerusakan atau gangguan pada sistem kendaraan. Fungsi utama OBD adalah untuk memberikan informasi yang akurat tentang status dan kesehatan kendaraan kepada teknisi atau pengemudi. Hal ini dapat membantu dalam diagnosis masalah pada kendaraan atau asset. Sehingga anda dapat mengambil tindakan perawatan rutin, dan melakukan perbaikan-perbaikan.

 

Nah itu dia beberapa fitur perting yang terdapat pada GPS Tracker system. Tentunya fitur-fitur tersebut memiliki banyak manfaat bagi anda dalam menjalankan berbagai aktivitas anda sehari-hari. 

Tertarik dengan GPS tracker system dengan fitur yang lengkap? Anda bisa menggunakan GPS tracker system dari arvento yang telah melakukan berbagai pengembangan teknologi software maupun hardware untuk bidang telematika armada dan sistem pelacakan. 

Cek katalog Arvento disini!

Untuk informasi lebih lengkapnya anda bisa mengunjungi arvento.id.

Hubungi kami untuk konsultasi alat pelacak kendaraan

Receive the latest news in your email
Table of content
Related articles