7 Tips Memilih GPS Tracker yang Berikan Keamanan Bisnis Rental Mobil Anda

Ingin membeli GPS tracker untuk melengkapi keamanan bisnis rental mobil? Pastikan Anda memilih sistem pelacakan kendaraan Arvento yang berikan fitur lengkap dengan harga terjangkau!

Teknologi semakin hari semakin berkembang. Perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini sudah mulai dirasakan di hampir semua sektor kehidupan, termasuk di bidang otomotif. Sehingga, bukan lagi hanya handphone saja yang pintar, namun kendaraan seperti mobil pun bisa jadi smart atau pintar. Salah satu kepintaran atau kecerdasan teknologi yang bisa dirasakan di bidang otomotif adalah hadirnya Global Positioning System (GPS) tracker.

Bukan hanya kendaraan pribadi saja yang membutuhkan GPS tracker, kendaraan yang digunakan untuk rental mobil atau mobil kantor pun perlu pemasangan GPS. Saat ini, penggunaan GPS untuk bisnis rental bisa dikatakan hal wajib. Karena bukan hanya sekedar melacak lokasi saja, tapi ada banyak fitur tambahkan yang menguntungkan pemilik kendaraan. 

Bagi Anda yang ingin atau sedang mencari GPS tracker mobil, di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membantu Anda menemukan GPS tracker yang tepat. 

Pilih GPS Tracker dengan fitur yang lengkap 

Hal utama yang perlu Anda lakukan sebelum memilih dan membeli GPS tracker, pastikan Anda telah mengecek fitur yang tersedia di dalamnya. Bukan hanya sekedar fitur untuk memonitor dan melacak kendaraan saja, tapi pilihlah alat pelacak mobil yang juga memiliki banyak keunggulan seperti:

  • Membantu memonitor rute perjalanan selama beberapa bulan terakhir,
  • Mencatat kecepatan mobil,
  • Mendengarkan dan merekam suara dalam kabin,
  • Memiliki sensor batas kecepatan,
  • Menyediakan tombol darurat,
  • Mematikan mesin (Engine Cut Off) dari jarak jauh, hingga
  • Sensor mesin kendaraan untuk mengetahui kondisi mesin mobil sedang hidup atau mati, dan lain sebagainya.

Nah, setelah Anda mengetahui fitur-fitur yang tersedia, cek kembali apakah fitur yang dimiliki telah sesuai dengan kebutuhan Anda atau belum. 

Cek tingkat sensitivitas GPS dengan satelit

Sebelum membeli alat pelacak kendaraan, pastikan Anda telah mencoba GPS tracker tersebut untuk mengenali sensitivitas dari GPS dengan satelit. GPS yang sensitif lebih mudah menangkap sinyal dari satelit. Jangan sampai tiba alat pelacak kendaraan yang Anda pilih sering down karena tidak mendapatkan sinyal dari satelit.

Selain itu, tangkapan sinyal juga akan membuat alat pelacak kendaraan lebih stabil kemanapun Anda pergi. Dengan penangkapan sinyal yang stabil maka akan berdampak pada keamanan mobil. Jangan sampai mobil yang dicuri hilang sinyal karena Anda menggunakan GPS yang kurang sensitif.

Pilih GPS tracker dengan server center sendiri

Anda juga perlu memperhatikan dan mengenali apakah alat pelacak kendaraan tersebut memiliki server sendiri atau tidak. Pelacakan lokasi mobil dengan server center sendiri tentunya lebih baik jika dibandingkan yang hanya menyewa. Dengan server center pribadi, maka Anda akan lebih mudah dan cepat ketika mengakses pelacakan kendaraan tersebut. Pastikan juga perusahaan pelacakan kendaraan yang Anda pilih sering merawat server dan memiliki double server untuk melakukan backup data penggunanya.

Selain itu, hindari juga memilih perusahaan alat pelacak kendaraan yang hanya menggunakan hosting gratisan. Setidaknya, jika Anda tidak bisa memilih pelacakan kendaraan dengan server center pribadi, Anda bisa memilih perusahaan yang menyewa hosting berbayar agar kualitas akses lebih cepat. Khususnya untuk menangani trafik yang tinggi. 

Pahami sistem monitoring dan aplikasinya 

Penggunaan GPS tracker tidak terlepas dari sistem monitoring. Apakah aplikasinya mudah digunakan? Tampilannya cukup sederhana?, apakah aplikasinya dapat di-install di berbagai perangkat, mulai dari smartphone hingga tablet, dan apakah perangkat itu bisa berfungsi di bermacam sistem operasi?. Hal inilah yang perlu diperhatikan, karena umumnya aplikasi GPS resmi dapat diakses dari smartphone maupun tablet. Sehingga mempermudah Anda dalam melakukan tracking dari mana saja.

Tidak ada salahnya untuk mengecek fitur apa saja yang tersedia pada aplikasi tersebut. Lebih baik lagi jika riwayat lengkap perjalanan kendaraan dapat diunduh dalam bentuk file, sehingga menjadi bukti valid untuk operasional kendaraan. 

Pahami betul sistem monitoring yang ada dan pastikan berfungsi dengan akurat. Cek juga apakah aplikasi pelacak kendaraan mobil pilihan Anda memiliki user interface yang baik dan mudah dipahami.

Menggunakan prosesor yang andal 

GPS tracker mobil dapat bekerja dengan baik karena adanya prosesor. Namun, masing-masing merek jenis prosesor yang digunakan berbeda. Sehingga, penting bagi Anda untuk mengetahui prosesor apa yang digunakan oleh alat pelacak kendaraan yang akan Anda pilih. Jika Anda memilih alat pelacak kendaraan dengan prosesor yang kurang berkualitas dan lama, maka Anda akan menunggu lama ketika GPS memperlihatkan rute serta mengkalkulasikan rute tercepat. Bisa juga Anda akan mendapatkan rute yang salah. Jadi, sebelum memilih alat pelacak kendaraan, pastikan Anda memilih GPS tracker mobil dengan prosesor andal.

Memiliki fitur real time tracking 

Salah satu fitur yang wajib ada pada alat pelacak kendaraan yang Anda pilih adalah fitur real time tracking. Fitur ini memungkinkan Anda memonitor pergerakan kendaraan dari jarak jauh kapan saja. 

Pelacakan real time ini akan membantu ketika terjadi pencurian. Anda akan lebih mudah mengetahui keberadaan kendaraan Anda pada detik itu juga dengan tingkat keakuratan real time tracking. GPS tracker yang memiliki sensitivitas tinggi dan prosesor yang bagus tentu akan membantu pelacakan secara real-time berkerja dengan baik. 

Layanan bantuan 24 jam

Tips memilih GPS tracker yang terakhir adalah cari tahu apakah perusahaan penyedia GPS tracker tersebut memiliki layanan support 24 jam yang siap membantu Anda ketika terjadi kerusakan pada alat GPS tersebut. 

Adanya support yang baik tentu bisa jadi nilai tambah yang harus diperhatikan, khususnya jika Anda hendak memasang di kendaraan pribadi. Karena, alat yang rusak akan menghambat perjalanan Anda, apalagi jika sering bepergian ke luar kota.

Nah, itulah beberapa tips memilih GPS tracker yang tepat bagi kendaraan Anda. Bagi Anda yang masih bingung menentukan perusahaan GPS tracker terbaik, Anda bisa memilih GPS tracker dari Arvento Mobile System. Dengan Arvento, Anda bisa mendapatkan fitur lengkap yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, pastikan Anda menggunakan GPS tracker dari Arvento untuk melengkapi keamanan bisnis rental kendaraan Anda.

Kunjungi arvento.id untuk informasi alat pelacakan kendaraan terbaik lainnya!

Hubungi kami untuk konsultasi alat pelacak kendaraan

Receive the latest news in your email
Table of content
Related articles