Masuk
Masuk

5 Industri Bisnis yang Butuh GPS Online Tracker Demi Biaya Produksi yang Efisien

GPS tracker tidak hanya dibutuhkan bisnis logistik. Nyatanya ada banyak industri bisnis yang bisa diuntungkan dengan menggunakan GPS tracker. Apa saja itu?

0%

 

Labor Cost atau Biaya Tenaga Kerja menjadi salah satu komponen biaya perusahaan yang membuat anggaran membengkak. Namun, ternyata biaya ini bisa dibuat lebih efisien dengan bantuan GPS tracker online. Di mana, GPS tracker ini sangat penting bagi bisnis, terutama yang memiliki kendaraan sebagai salah satu alat untuk menjalankan bisnis. Dengan adanya, GPS tracker inilah, perusahaan bisa melakukan pengurangan biaya tenaga kerja.

Ada beberapa alasan perusahaan menggunakan GPS tracker, misalnya saja demi keefektivan biaya tenaga kerja seperti efektivitas operasional kendaraan, produktivitas pengemudi, dan efisiensi biaya. Dengan kecanggihan telematika, GPS tracker juga mampu menghasilkan data analitik dalam bentuk laporan. Nah, lalu bisnis apa saja yang bisa mendapatkan keefektifan dengan penggunaan GPS tracker ini?

 

Bisnis Logistik

Industri pertama adalah bisnis logistik. Di mana, Anda tidak lagi perlu memonitor secara manual melalui radio atau panggilan telepon. Namun, dengan adanya GPS tracker ini, Anda bisa menjalankan bisnis logistik lebih efektif.

Anda bisa melacak kendaraan dan pengemudi setiap saat dan menginfokannya kepada pelanggan semakin mudah dan cepat. Selain itu, operator atau driver Anda juga bisa menentukan rute terefisien dan mendeteksi adanya penyimpangan rute, perlambatan, idling, dan sebagainya. Sehingga bisa mendukung ketepatan waktu pengiriman, yang menjadi inti dari layanan bisnis logistik.

 

Bisnis Makanan & Minuman

Sistem GPS tracker juga bisa membantu Anda memonitor suhu, sehingga mampu membantu Anda menjaga kualitas makanan dan minuman yang dikirim, khususnya yang berusia simpan pendek.

Sistem dari GPS tracker akan mengirimkan peringatan otomatis ketika suhu kontainer melampaui ambang atas atau bawah yang ditetapkan sesuai standar perusahaan. Sehingga, operator atau driver bisa mengetahui kapan dan berapa lama pintu kontainer pendingin dibuka-tutup dengan tambahan sensor pintu kargo. Dengan begitu, suhu dan kualitas makanan atau minuman yang dikirim semakin termonitor dengan aman.

 

Bisnis Konstruksi

GPS tracker juga dilengkapi dengan fitur geofence yang membantu Anda  mendeteksi masuk-keluar alat berat di area kerja. Aktivitas operasional alat berat konstruksi juga dapat dimonitor berdasarkan geofence, seperti kapan mesin dinyalakan dan dimatikan, durasi operasional, lama idle dan stop, serta jarak tempuh di dalam geofence.

Untuk aktivitas yang lebih spesifik, sensor power take-off (PTO) dan pengaduk semen pun bisa ditambahkan. Sensor PTO ini akan membantu Anda memonitor peranti mekanis, seperti kait penarik dan pistol hidrolik, sensor pengaduk semen (memonitor waktu, lokasi, dan durasi pemuatan), serta pengeluaran semen.

 

Bisnis Transportasi

Bisnis transportasi yang dimaksud di sini adalah kendaraan umum, rental mobil, bus pariwisata, dan ambulans. Di mana, bisnis ini membutuhkan GPS tracker untuk meningkatkan keselamatan berkendara dan efisiensi BBM. Selain itu, dengan adanya GPS tracker, Anda juga bisa menilai perilaku berkendara sopir, juga mengirimkan peringatan ketika sopir ngebut, mengerem mendadak, menarik gas secara kasar, dan menikung tajam. BUkan hanya itu, tambahan sistem monitor BBM juga menguntungkan untuk memonitor seberapa efisien konsumsi BBM, juga mendeteksi pencurian serta kecurangan dalam laporan pengisian BBM.

 

Bisnis Manufaktur

Untuk bisnis manufaktur, GPS tracker ini bisa membantu memastikan kredibilitas pengemudi dan pengiriman barang dalam jumlah besar dengan aman. Hal ini dapat dideteksi melalui pemantauan idling, perilaku berkendara yang buruk, dan penyimpangan rute.

Untuk meningkatkan keamanan pengemudi dan aset, Anda bisa menambahkan fitur tombol panik dan sensor pintu kargo. Di mana, tombol panik dapat mengirimkan peringatan kepada operator dalam keadaan darurat secara real-time, sehingga bantuan dapat dikirim segera dan mencegah kerugian besar. Sedangkan sensor pintu kargo dapat mendeteksi penurunan barang di luar penugasan.

Nah, itulah beberapa industri bisnis yang membutuhkan sistem GPS tracker mobil demi keefektifan bisnis. Anda bisa coba menggunakan GPS tracker terbaik dari Arvento Mobile System. Dengan Arvento, Anda bisa dengan mudah memonitor aset perusahaan secara teratur, komprehensif, dan real-time.

Arvento juga menyediakan berbagai data analitik dan metrik dari GPS tracker, seperti kecepatan kendaraan, perilaku driver, progres penyelesaian pekerjaan, dan efisiensi BBM. Sehingga nantinya akan membantu mengelola bisnis dengan lebih efektif dan efisien.