Masuk
Masuk

6 Alasan Anda Harus Menggunakan GPS Tracker untuk Manajemen Distribusi Cold Chain yang Lebih Efisien

Apakah Anda sedang menjalankan bisnis dengan distribusi cold chain? Tentu Anda butuh GPS tracker agar bisnis lebih efisien. Ini dia alasan kenapa Anda wajib menggunakan GPS tracker online

0%

Cold chain industri atau industri rantai dingin sedang berkembang pesat hingga di seluruh dunia. Pertumbuhan ini terus bertumbuh karena beberapa faktor seperti adanya perluasan perangkat yang terhubung dan otomatisasi dalam industri, meningkatnya permintaan untuk produk makanan yang mudah rusak seperti frozen food, vaksin, dan sebagainya, tren pembelian produk secara online, dan meningkatnya ekspektasi konsumen akan pengiriman yang lebih cepat dari sebelumnya.

Oleh karena itu, untuk memberikan layanan terbaik bagi konsumennya, perusahaan harus memiliki cold chain management yang juga baik. Cold chain management di sini mencakup produksi, penyimpanan, hingga distribusi berpendingin

Salah satu tantangannya, perusahaan harus bisa menyediakan cold chain logistik yang tepat untuk meningkatkan efisiensi, mempercepat pengiriman, dan memastikan integritas produk. Lalu, bagaimana cara agar management distribusi produk dingin lebih efektif dan kualitas tetap terjaga?

Teknologi GPS tracker mobil yang terintegrasi membantu perusahaan mengatasi tantangan ini secara langsung. Dengan menggunakan GPS tracker, perusahaan bisa  memonitor dan melacak kendaraan melalui operator cold chain yang bisa dilakukan melalui laptop, tablet, atau smartphone. Di bawah ini adalah solusi yang bisa dilakukan GPS tracker untuk menghadapi distribusi cold chain agar lebih efektif.

 

Dapatkan visibilitas yang lebih baik

Faktor penting dari manajemen rantai dingin atau cold chain adalah informasi. Sehingga, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui di mana kendaraan dan aset lainnya berada dan di mana saja mereka berada. Dengan adanya GPS tracker inilah, Anda bisa memiliki visibilitas penuh untuk mengetahui di mana lokasi kendaraan, status pengiriman, dan riwayat penggunaan kendaraan.

Dengan adanya GPS tracker inilah, Anda bisa lebih mudah menemukan kendaraan terdekat yang tersedia untuk pekerjaan yang tepat. Sama pentingnya untuk rantai dingin, Anda dapat melacak trailer melalui mil terakhir rute pengiriman yang penting, dan memverifikasi bahwa ada ruang di dok penerima untuk memasang dan memuat produk di lingkungan yang dikontrol suhu yang sesuai.

 

Monitor suhu dan status Kendaraan

Pelacakan aset lebih dari sekadar mengetahui di mana kendaraan Anda berada, melainkan mengetahui kinerjanya pada berbagai indikator utama. Dengan menggunakan pembaruan status dan peringatan otomatis, manajer dapat memonitor data suhu, status reefer, penutupan dan pergerakan pintu, getaran berlebihan, intrusi, dan banyak lagi.

Dengan metrik inilah Anda dapat lebih yakin bahwa produk yang dibawa tetap pada suhu yang tepat di setiap bagian perjalanan mereka. Dalam kasus di mana suhu bergerak keluar dari kisaran aman, Anda dapat mengambil tindakan segera. Anda juga memiliki peningkatan kemampuan untuk memperbaiki masalah terkait lainnya yang mungkin timbul, sehingga dapat membantu mencegah atau mengurangi kerugian finansial.

Selain itu, pemantauan dan kontrol suhu jarak jauh juga memungkinkan Anda meningkatkan penggunaan bahan bakar. Ini juga mengurangi kemungkinan pengemudi akan mematikan reefer untuk menghemat bahan bakar, sehingga mengurangi kerugian.

 

Memahami dan meningkatkan pemanfaatan kendaraan

GPS tracker juga bisa membantu Anda memberi gambaran besar tentang seberapa sering trailer Anda dan aset lain digunakan atau tidak digunakan di seluruh lokasi geografis. Kemampuan untuk mengidentifikasi peralatan dengan ROI rendah membantu Anda membuat keputusan yang tepat tentang menyewa atau menjual aset yang berkinerja buruk atau apakah Anda harus menerapkannya di tempat lain. GPS tracker ini juga menggunakan metrik yang tepat untuk menentukan seberapa sering dan berapa lama kendaraan atau peralatan rantai dingin lainnya beroperasi selama hari atau periode waktu tertentu.

 

Atur peringatan pemberitahuan geofence

GPS tracker juga memungkinkan Anda untuk mengotomatiskan peringatan geofence saat pengiriman mendekati dok pemuatan pelanggan. Ketika kendaraan dikirimkan, Anda dapat memastikan bahwa kargo dibongkar dengan cepat dan dipindahkan ke lokasi yang dikontrol suhu berikutnya, menjaga keamanan dan integritas produk. 

 

Tingkatkan komunikasi dengan driver Anda

GPS tracker juga mengurangi kebiasaan Anda untuk sering-sering menelepon driver. Karena Anda dapat menghubungi kapan saja, membantu mereka menemukan rute tercepat, mengurangi pemberhentian yang tidak perlu atau tidak sah, dan meningkatkan akuntabilitas kargo mereka. Anda juga dapat memonitor perilaku pengemudi, seperti pengereman yang keras, akselerasi dan kecepatan yang berlebihan, yang dapat membahayakan pengemudi dan orang lain, serta menambah keausan yang mahal pada peralatan.

 

Secara proaktif mengelola pemeliharaan dan inspeksi

GPS tracker juga memungkinkan bagi Anda yang ingin menerapkan peringatan otomatis untuk pemeliharaan dan inspeksi yang diperlukan. Sehingga membantu Anda mematuhi semua peraturan dan meningkatkan keamanan peralatan, serta membantu mencegah kerusakan yang mahal, dan memperpanjang masa pakai aset Anda serta mempertahankan nilainya.

Itulah beberapa alasan kenapa Anda harus menggunakan tracker GPS. Anda bisa memanfaatkan GPS tracker terbaik dari Arvento Mobile System. Dengan Arvento, Anda bisa mendapatkan solusi GPS tracker online yang memudahkan Anda dalam melakukan cold chain management lebih efisien. Arvento juga dilengkapi dengan pengontrol suhu sehingga membantu Anda melakukan distribusi produk cold chain dengan lebih maksimal.