Masuk
Masuk

6 Cara Mengurangi Biaya Transportasi pada Bisnis Logistik dengan Tepat

Bisnis Anda bergerak di industri logistik? Pasti Anda butuh biaya transportasi yang besar untuk pengiriman barang. Bagaimana cara tepat mengurangi biayanya?

0%

 

Ketika Anda menjalankan bisnis di industri logistik, tentu Anda akan mengeluarkan banyak biaya untuk pengiriman. Belum lagi saat ini biaya BBM terus meningkat, sehingga biaya pengiriman pun akan ikut mengalami peningkatan. Oleh karena itu, pengurangan biaya transportasi selalu menjadi prioritas bagi bisnis logistik. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan biaya transportasi, meningkatkan prosedur supplier, dan menghemat anggaran bisnis.

Strategi untuk mengurangi biaya logistik dapat dilakukan mulai dari merampingkan inventaris, merevisi rute pengiriman yang lebih efisien, menyediakan proses yang lebih baik, meningkatkan hubungan antara supplier dan pihak ketiga, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi biaya transportasi bisnis logistik.

 

Dapatkan Ide Kreatif

Bukan hanya promosi bisnis saja yang butuh ide kreatif, ketika Anda melakukan pengiriman pun Anda harus bisa berpikir kreatif dan menjadi lebih fleksibel. Cobalah mulai beradaptasi dengan berbagai moda transportasi yang dapat membantu mengimbangi kerugian dengan cara yang mungkin tidak Anda perhitungkan sebelumnya.

Misalnya, ketika melakukan pengiriman melalui laut biasanya jauh lebih murah daripada udara. Namun, waktu yang diperlukan dapat membebani penjualan. Jadi, cobalah  untuk melihat biaya transportasi di berbagai moda transportasi, dan jangan terlalu khawatir memang diperlukan untuk beralih moda transportasi.

Transportasi dengan berbagai moda akan bisa memberikan banyak pilihan yang nantinya bisa Anda pertimbangkan untuk menghemat biaya pengiriman transportasi.

 

Ambil Peluang Konsolidasi Pengiriman

Pengiriman Less-than-truckload (LTL) adalah pilihan ekonomis untuk bobot yang lebih kecil. Jika Anda ingin mencoba menggabungkan pengiriman besar dari berbagai produk atau pengiriman untuk semua pembeli menjadi satu pengiriman, Anda akan menghemat uang dengan menggunakan pengiriman muatan penuh (FTL).

 

Pertimbangkan Layanan Pergudangan

Jika Anda mengirim banyak barang dari titik A ke titik B, dalam jarak jauh, Anda dapat menyimpan produk lebih dekat ke pelanggan, sehingga dapat mengurangi biaya transportasi secara drastis.

Cobalah untuk memahami pertimbangan keamanan. Pastikan bahwa pengoperasian gudang Anda aman. Lakukan segalanya untuk menghindari biaya yang mahal. Cobalah sebisa mungkin untuk menghindari denda pemerintah.

Jika Anda memiliki beberapa masalah keamanan, pemerintah dapat menutup bisnis Anda. Dapatkan manajer keselamatan yang bertanggung jawab atas keselamatan dan atur pelatihan keselamatan berkelanjutan.

 

Pemeliharaan Berkala demi Pencegahan

Jika ingin memangkas biaya pada hampir semua peralatan, pemeliharaan preventif bisa dilakukan untuk mengurangi biaya logistik. Pemeliharaan darurat atau kerusakan tidak berfungsi bisa menyebabkan pengeluaran yang tinggi. Jadi, pastikan sebelum peralatan Anda rusak, lakukan pemeliharaan peralatan secara berkala. Sehingga, Anda tidak perlu mengganti komponen dari alat yang rusak tersebut. 

 

Fokus Pada Pengurangan Biaya Logistik

Pengurangan biaya logistik terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan bekerja sama dengan supplier.  Terkadang supplier bisa menutupi beberapa biaya logistik langsung. Cobalah untuk membuat konsorsium pembeli untuk membeli persediaan logistik yang diperlukan (bahan bakar transportasi) dengan biaya lebih rendah karena membeli dalam jumlah yang lebih besar.

 

Menggunakan GPS Tracker

Untuk menghemat biaya produksi maupun biaya tenaga kerja, Anda juga bisa memanfaatkan GPS tracker mobil yang dapat membantu Anda memonitor kendaraan maupun pengemudi dari mana saja dan kapan saja. Dengan GPS tracker online, Anda bisa dengan mudah melihat kebiasaan driver ketika menggunakan kendaraan hingga memonitor penggunaan bahan bakar.

Anda bisa melacak kendaraan dan pengemudi setiap saat dan menginfokannya kepada pelanggan semakin mudah mengenai lokasi barang yang akan dikirim ke mereka. Selain itu, operator atau driver Anda juga bisa menentukan rute terefisien dan mendeteksi adanya penyimpangan rute, perlambatan, idling, dan sebagainya. Sehingga bisa mendukung ketepatan waktu pengiriman, yang menjadi inti dari layanan bisnis logistik.

Salah satu GPS tracker online yang dapat membantu Anda mengurangi biaya transportasi atau pengiriman barang adalah Arvento Mobile System. Dengan Arvento, Anda bisa dengan mudah mengawasi kendaraan dan driver lebih mudah tanpa harus melakukan panggilan telepon.