Masuk
Masuk

7 Tips Mengurangi Labor Costs atau Biaya Tenaga Kerja dengan GPS Tracker

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk decrease labor costs, salah satunya dengan memanfaatkan GPS tracker. Bagaimana ini bisa berjalan efisien?

0%

Tidak ada perusahaan yang tidak menginginkan bisnisnya bisa berjalan efektif dan efisien. Salah satu hal yang sering dilakukan untuk mendapatkan ‘effectiveness’ dalam bisnis adalah dengan mengurangi biaya tenaga kerja atau ‘decrease labor costs’. Sebagian besar perusahaan telah memanfaatkan GPS tracker online sebagai salah satu cara untuk menghemat biaya perusahaan. Namun, bagaimana bisa GPS tracker membantu mengurangi biaya operasional bisnis? Di bawah ini adalah beberapa cara yang dilakukan GPS tracker dalam membantu perusahaan mengurangi biaya operasional.

 

GPS Tracker Mengurangi Idling

Cara menghemat biaya operasional kendaraan adalah dengan mengurangi kebiasaan idling atau menyalakan mesin ketika kendaraan tidak berjalan. Status kendaraan idling terjadi ketika mesin telah menyala selama minimal 15 menit, namun kendaraan tidak kunjung jalan. Kebiasaan idling ini sering dilakukan ketika sopir menunggu di dalam mobil dengan menyalakan AC atau radio.

Dengan mengurangi kebiasaan ini, maka perusahaan bisa menurunkan biaya operasional dari konsumsi bahan bakar dan freon yang tidak efektif. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa dikurangi dengan penggunaan sistem GPS Tracker, di mana Anda bisa memonitor dari jarak jauh berapa lama kendaraan diam pada suatu tempat dan menguranginya dengan segera mengambil tindakan. Selain mengurangi biaya operasional, ini juga bisa membantu mengurangi risiko kerusakan yang dialami oleh kendaraan.

 

Monitor Kinerja Pengemudi

GPS tracker memungkinkan perusahaan untuk secara aktif memonitor kinerja supir dan kendaraan. Di mana, perusahaan bisa melihat kebiasaan mengemudi para driver, mulai dari mengebut, mengerem mendadak, menikung tajam, dan sebagainya. Tidak hanya bisa membuat bahan bakar boros dan biaya perawatan kendaraan yang tinggi, kebiasaan ini juga berisiko terjadinya kecelakaan.

Untuk itu, perusahaan bisa memanfaatkan GPS tracker untuk menghilangkan kebiasaan mengemudi yang membuat perusahaan merugi sekaligus memastikan driver mengemudi dengan aman.

 

Monitor Kendaraan

Menghubungi driver ketika mereka mengantar barang tentu akan sangat merepotkan. Bukan hanya untuk perusahaan, namun untuk pengemudi itu sendiri. Selain itu, ini juga bisa meningkatkan risiko kecelakaan.

Namun, dengan menggunakan GPS tracker, Anda akan mengetahui kapan kendaraan Anda masuk atau keluar pada area tertentu, sehingga dapat meminimalisir jarak yang ditempuh apakah sampai tepat waktu atau tidak. Selain itu, Anda sudah tidak lagi perlu menanyakan lokasi driver ketika pelanggan sudah lama menunggu dan menanyakan posisi kendaraan tersebut.

Dengan begitu, perusahaan bisa menghemat waktu sekaligus biaya operasional untuk melakukan panggilan telepon tersebut. Karena Anda akan mendapatkan laporan yang berisi pelacakan kendaraan dan pencatatan jarak tempuh.

 

Pengingat Pemeliharaan  Kendaraan

Melakukan pemeliharaan dengan rutin membantu perusahaan memperpanjang usia kendaraan, sehingga dapat mengurangi biaya operasional maupun penyusutan aset. Oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk memprediksi waktu dan biaya perawatan, juga memperhitungkan biaya penggantian suku cadang maupun kendaraan yang sudah tidak layak pakai.

Solusinya, Anda bisa memanfaakan fitur pengingat jadwal dari GPS traceker sebagai pengingat jadwal agar tidak ada jadwal pemeliharaan terlewatkan serta mengurangi perbaikan di pinggir jalan yang membuat perjalanan kurang efektif. Selain itu, Anda juga bisa melacak kendaraan untuk memonitor jarak yang ditempuh dari titik tengah untuk memastikan kepatuhan dengan interval perawatan yang direkomendasikan pabrikan.

 

Menjaga Aset Perusahaan

Tidak ada yang mengetahui apa yang akan terjadi ketika di jalan. Nah, dengan memanfaatkan GPS tracker inilah, perusahaan bisa menjaga aset perusahaan dengan baik. Di mana, perusahaan bisa memonitor kendaraan dari jarak jauh, sehingga dapat menjaga kendaraan dari segala tindak kejahatan, penyelewangan, dan memelihara kendaraan layak pakai termasuk meminimalkan resiko kerugiaan berupa kecelakaan.

 

Memonitor Efisiensi Bahan Bakar

Bahan bakar merupakan pengeluaran utama ketika Anda menjalankan bisnis yang sistemnya menggunakan pengiriman. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memonitor bahan bakar, apakah penggunaannya sudah efisien atau belum.

Di mana, rfisien atau tidaknya dapat dilihat dari konsumsi bahan bakar, jarak tempuh, dan durasi operasional, kemudian bandingkan antar kendaraan sejenis. Dengan memonitor bahan bakar, maka Anda akan menemukan kendaraan yang boros bensin dan mengambil keputusan tepat untuk memperbaiki produktivitasnya.

 

Perencanaan rute

Ketika kendaraan Anda sering bepergian dari titik awal dan akhir yang sama, Anda bisa mencoba beberapa alternatif rute. Anda bisa mengambilnya dari laporan riwayat perjalanan kemudian cobalah mengukur dan menetapkan rute mana yang lebih efisien pada jam-jam yang biasa dilalui dari segi jarak tempuh, durasi, dan konsumsi bahan bakar. Dengan rute lebih efisien, biaya operasional dari bahan bakar pun bisa menurun, kuantitas pengiriman pun dapat lebih banyak.

Itulah beberapa cara decrease labor costs yang bisa Anda dapatkan ketika memanfaatkan GPS tracker. Salah satu GPS tracker yang bisa Anda manfaatkan adalah GPS tracker dari Arvento Mobile System. Di mana, ARVENTO memiliki berbagai paket dan layanan GPS tracker yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Jadi sudah siap membuat bisnis lebih efektif dan efisien?