Masuk
Masuk

Memanfaatkan GPS Tracker untuk Menghemat BBM hingga Efisiensi Waktu Kerja

Percaya atau tidak, nyatanya GPS tracker bisa membantu Anda mengehamat BBM hingga efisiensi kerja. Bagaimana caranya?

0%

Biaya tenaga kerja menjadi salah satu pengeluaran operasional terbesar bagi perusahaan. Oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk mengelola SDM dengan baik, salah satunya dengan melakukan driving time cut atau pemotongan waktu pengemudi.

Selain bisa menghemat biaya tenaga kerja, melakukan driving time cut juga bisa menghemat anggaran operasional perusahaan, seperti menghemat BBM di setiap rute perjalanan pengemudi. Salah satu cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk melakukan driving time cut dan penghematan BBM adalah dengan memanfaatkan GPS Tracker. Di bawah ini adalah beberapa solusi yang ditawarkan GPS tracker untuk menghemat BBM dan melakukan driving time cut.

 

Memonitor Efisiensi Bahan Bakar Kendaraan

Salah satu yang hal yang berkaitan dengan konsumsi bahan bakar adalah aktivitas di mana mesin menyala lama dalam posisi kendaraan berhenti (idling). Dengan menggunakan GPS tracker, maka sinyal akan mengirimkan notifikasi ketika mendeteksi kendaraan idling selama minimal 15 menit. Durasi ini bisa berbeda sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Tidak hanya itu, dengan adanya GPS Tracker, sistem juga akan mendeteksi jika pengemudi mengebut, baik melampaui batas kecepatan maupun batas kecepatan yang telah diatur pihak perusahaan. Hal ini penting, karena konsumsi bahan bakar akan meningkat tajam pada kecepatan di atas 80 km/jam. Oleh karena itu, dengan adanya GPS tracker inilah Anda bisa memperbaiki perilaku pengemudi yang terbiasa mengebut.

 

Analisis Data dan Laporan Bahan Bakar

Dengan menggunakan GPS tracker, Anda juga bisa melihat status tangki bahan bakar seluruh kendaraan kapan saja dibutuhkan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan analisis data dari Laporan Pengisian Bahan Bakar, Laporan Efisiensi Bahan Bakar, dan Laporan Grafik Konsumsi Bahan Bakar. Dari laporan inilah, Anda dapat melacak pencurian bahan bakar dan mengonfirmasi klaim pembelian bahan bakar.

 

Perencanaan Rute yang Efisien

Anda juga bisa melihat riwayat perjalanan kendaraan, sehingga kedepannya Anda dapat lebih mudah merencanakan rute dan memilih rute paling efisien atau optimize drop route. Anda juga bisa mengatur notifikasi otomatis terkait progres penyelesaian rute, mulai dari rute awal dimulai, rute diakhiri, menyimpang dari rute, rute dibatalkan karena menyimpang terlalu jauh, dan progres rute yang mengalami keterlambatan.

Dengan adanya perencanaan rute inilah perusahaan bisa memastikan tidak akan terjadi penyimpangan terlalu jauh, sehingga perjalanan kendaraan Anda pun jadi lebih efisien bahan bakar.

 

Penjadwalan Service Kendaraan

Perawatan kendaraan yang buruk juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat. Misalnya saja ban aus atau kempes, filter udara tersumbat, dan oli mesin berkualitas rendah. GPS tracker ini memastikan kondisi kendaraan tetap sehat jadi lebih mudah, khususnya bagi Anda yang memiliki armada berkapasitas besar. Sehingga, Anda dapat mengatur jadwal servis kendaraan secara otomatis berdasarkan km, periode, dan durasi operasional.

Itulah beberapa solusi yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan GPS tracker untuk menghemat BBM dan melakukan driving time cut. Anda bisa coba memanfaatkan GPS Tracker dari Arvento Mobile System. Dengan Arvento, Anda bisa memonitor kendaraan dari jarak jauh,  mengatur perencanaan rute, kecepatan, dan sebagainya. Sehingga, nantinya akan membantu Anda menghemat biaya baik menghemat BBM hingga driving time cut.