Masuk
Masuk

Pentingnya GPS Tracker untuk Mengelola Biaya Tenaga Kerja Lebih Efisien

Biaya tenaga kerja menjadi salah satu biaya yang paling besar dalam anggaran keuangan, Anda bisa menghematnya dengan memanfaatkan GPS Tracker

0%

Mengelola biaya tenaga kerja atau manage labor costs menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan manajemen perusahaan atau bisnis. Dengan pengelolaan yang baik, maka akan menentukan keberhasilan bisnis bahkan bisa membantu menghemat anggaran keuangan perusahaan.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan perusahaan untuk mengelola biaya tenaga kerja adalah dengan memanfaatkan GPS Tracker. Tidak hanya sekedar mengetahui keberadaan sopir atau karyawan Anda dalam proses pengiriman, namun GPS tracker juga bisa membantu Anda menghemat biaya tenaga kerja. Bagaimana caranya GPS Tracker membantu perusahaan mengelola biaya tenaga kerja? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

 

Memperbaiki Perkiraan Waktu Tiba

Dengan adanya GPS tracker, Anda tidak perlu lagi menanyakan lokasi sopir atau berapa lama lagi mereka sampai di tujuan. Dengan GPS tracker inilah Anda bisa mendapatkan Perkiraan Waktu Tiba (ETA) yang akurat dengan memonitor keberadaan kendaraan Anda secara realtime, sekaligus mengetahui berapa jauh lagi kendaraan atau pengiriman sampai ke lokasi tujuan.

Dengan perkiraan waktu tiba yang akurat inilah, akuntabilitas perusahaan menjadi lebih baik. Selain itu, perusahaan juga bisa meningkatkan efisiensi dan layanan dengan memberi informasi yang akurat kepada pelanggan secara proaktif jika sopir Anda sampai lebih cepat ataupun terlambat.

 

Memverifikasi Upah Tenaga Kerja

Seringkali perusahaan kebingungan ketika ingin memberikan upah kepada driver atau sopir perusahaan. Hal ini sering diakibatkan karena sulitnya menghitung upah sesuai dengan pekerjaan yang telah mereka lakukan. Bukan hanya itu, sering juga perusahaan mengalami biaya tenaga kerja yang tinggi, namun tidak jelas apa yang menyebabkannya.

Oleh karena itu, perusahaan perlu menggunakan GPS tracker untuk memberi informasi yang akurat dan cepat ketika terjadi kecurangan dalam pelaporan jam kerja, yang berimbas pada pembengkakan upah tenaga kerja.

Jika sopir Anda harus mengembalikan kendaraan ke pool di akhir hari dan clock out, Anda bisa mengecek perbedaan catatan waktu ketika mereka kembali dan ketika mereka clock out. Jika kendaraan dibawa pulang sopir, Anda pun bisa melihat kapan ia memulai dan mengakhiri perjalanan kerja dan mencocokkannya dengan catatan yang telah mereka laporkan. Dengan begitu, tidak adalagi risiko kecurangan atau salah hitung upah tenaga kerja dalam perusahaan.

 

Melacak Pekerjaan Sampingan

Sering ditemukan sopir ‘nakal’ yang mengambil pekerjaan sampingan dengan memanfaatkan kendaraan perusahaan. Namun, hal ini bisa dihindari ketika Anda menggunakan GPS tracker. Salah satu caranya adalah dengan membandingkan titik pemberhentian mereka dengan daftar pelanggan Anda. Di mana, Anda bisa melakukan pengecekan laporan aktivitas harian kendaraan yang menampilkan nama dan alamat pelanggan serta alamat lainnya yang tidak diketahui, yang mengindikasikan pekerjaan sampingan atau urusan di luar pekerjaan.

Cara lainnya adalah dengan melacak keganjilan jam kerja atau waktu operasional kendaraan. Jika kendaraan Anda memiliki jam operasional tertentu, Anda bisa melihat laporan dan melakukan pengaturan untuk menerima notifikasi otomatis ketika kendaraan dijalankan di luar jam operasional tersebut.

 

Menyediakan Bukti Layanan

Terkadang dalam proses pengiriman sering ditemukan masalah atau komplain dari pelanggan. Misalnya saja, pelanggan komplain barang belum sampai atau barang telat sampai. Dengan memanfaatkan GPS tracker inilah, Anda bisa dengan cepat melakukan verifikasi laporan-laporan komplain tersebut.

Di mana, data dari GPS tracker akan memberi tahu secara akurat kapan kendaraan Anda sampai di lokasi pelanggan dan berapa lama berada di sana. Selain itu, riwayat bukti pengiriman berupa foto atau tanda tangan penerima juga bisa dilihat dan terintegrasi dengan data GPS tracker. Hal inilah yang bisa meminimalisir konflik dengan pelanggan dan tagihan ke pelanggan pun bisa dipercepat.

Untuk mendapatkankan keempat manfaat di atas, Anda bisa menggunakan Arvento Mobile GPS Tracker Online. Dengan Arvento, Anda bisa mengelola biaya tenaga kerja dengan lebih efisien sehingga membantu bisnis menghemat anggaran keuangan.