Manajemen SDM: 6 Cara Meningkatkan Kinerja dan Keselamatan Karyawan

Pastikan bisnis Anda menerapkan manajemen SDM yang efektif untuk keberhasilan jangka panjang. Yuk, cari tahu bagaimana cara meningkatkan kinerja dengan menggunakan GPS tracker pada artikel ini! 

Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, perusahaan pasti memerlukan sumber daya manusia yang mumpuni dalam suatu bidang. Sumber daya manusia tersebut sebagai pelaksana untuk menjalankan visi dan misi perusahaan. Oleh karena itu, manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) merupakan hal yang paling penting dilakukan oleh suatu perusahaan dalam menjalankan bisnis. Pada dasarnya, tidak ada perusahaan yang tidak membutuhkan manajemen SDM. Seseorang yang memiliki dalam hal tersebut akan bertanggung jawab untuk mengatur berbagai kebutuhan perusahaan agar semua kegiatan atau pekerjaan berjalan dengan lancar dan lebih efisien. 

Lalu apa itu manajemen SDM dan bagaimana cara melakukan manajemen SDM? Pada artikel ini, kita akan membahas semua itu untuk membantu meningkatkan kinerja dan keselamatan karyawan sebagai upaya meningkatkan kesuksesan bisnis Anda.

Apa Itu Manajemen SDM? Mengapa Penting?

Untuk mencegah munculnya ancaman terkait performa dan keselamatan tenaga kerja, diperlukan strategi dan komitmen perusahaan untuk memprioritaskan sumber daya manusia melalui manajemen SDM. Manajemen SDM merupakan upaya perusahaan dalam memberdayakan manusia di dalamnya untuk melakukan suatu pekerjaan secara maksimal. Dalam pelaksanaannya, pihak yang bertanggung jawab terhadap sumber daya manusia dituntut untuk selalu beradaptasi dengan perubahan keadaan dan berusaha dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif agar operasional perusahaan berjalan dengan efektif.

Namun, mengelola sumber daya manusia bukanlah suatu hal yang mudah. Beberapa permasalahan dalam perusahaan muncul karena pengelolaan tenaga kerja yang tidak optimal. Jika hal ini terjadi, dampak negatif yang timbul bukan hanya akan mempengaruhi karyawan, tetapi juga perusahaan secara keseluruhan. Seperti rendahnya semangat kerja karyawan yang menyebabkan turunnya produktivitas serta kepuasan kerja, tingginya tingkat pergantian karyawan yang kemudian akan menyebabkan peningkatan anggaran akibat perekrutan dan pelatihan, rusaknya branding perusahaan, hingga masalah yang menyangkut keselamatan karyawan seperti kecelakaan kerja.

Ingin tahu bagaimana cara meningkatkan kinerja serta keselamatan karyawan?  Simak artikel ini dengan baik untuk mencegah terjadinya hal-hal di atas sebelum mendatangkan kerugian bagi perusahaan!

6 Cara Manajemen SDM untuk Meningkatkan Kinerja dan Keselamatan Karyawan

Berikut adalah cara meningkatkan kinerja dan keselamatan karyawan:

  • Program Pelatihan Kerja

Program pelatihan SDM dilaksanakan agar karyawan mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaannya demi mencapai tujuan perusahaan. Selain pelatihan untuk keterampilan kerja, pelatihan SDM pun dapat dilakukan untuk memastikan bahwa karyawan paham dengan pedoman untuk menghindari ancaman keselamatan dan cara  menanggulanginya. Perusahaan yang menggunakan sistem training terbukti akan memiliki SDM yang lebih terampil dibandingkan yang tidak melaksanakannya, sehingga sistem manajemen SDM ini efektif untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan.

  • Lingkungan Kerja Positif

Lingkungan kerja positif yang diciptakan melalui manajemen SDM yang tepat mempengaruhi kinerja karyawan dan menghindari konflik karyawan yang dapat mengancam keselamatan. Anda dapat memulainya dengan mengakui dan menghargai kontribusi yang telah diberikan oleh karyawan. Pemberian insentif pada karyawan dengan kinerja yang baik dan patuh terhadap pedomen keselamatan pun dapat menjadi jurus efektif untuk menumbuhkan semangat kerja dan meningkatkan kepatuhan karyawan.

  • Meningkatkan Keselamatan dan Keamanan 

Pastikan bahwa perusahaan Anda mengutamakan keselamatan karyawan dan memiliki komitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman. Meningkatkan keselamatan dapat dilakukan dengan mengadakan program pertemuan rutin atau pemantauan real time, seperti dengan memantau lokasi jika karyawan bekerja dari jarak jauh seperti pada bisnis logistik dan transportasi. Pastikan bahwa terdapat sistem yang dapat memberikan respons secara tanggap jika terjadi kondisi darurat terhadap pekerja.

  • Evaluasi Rutin Tenaga Kerja

Untuk meningkatkan kinerja dan keselamatan karyawan, diperlukan adanya sistem yang menilai kinerja. Karyawan perlu mengetahui bagaimana performa dan kontribusinya dalam perusahaan. Mereka pun perlu mendapatkan umpan balik secara rutin yang akan membantu mereka dalam mengetahui apa saja bagian yang masih harus ditingkatkan sehingga manajemen kinerja dibutuhkan untuk memperbaiki kualitas tenaga kerja dan penerapan pedoman keselamatan kedepannya.

  • Pengelolaan Jadwal dan Tugas

Untuk mengalokasikan sumber daya manusia yang efektif dan efisien, pihak manajemen perusahaan harus memetakan atau menyusun jadwal dan tugas karyawan. Selain itu, pihak manajemen juga harus memastikan bahwa karyawan bekerja pada jam atau waktu yang telah ditentukan tanpa adanya perilaku yang tidak seharusnya dilakukan. Begitu pun dengan pengelolaan tugas, di mana manajemen perusahaan harus melakukan pemantauan secara real time dan memastikan bahwa karyawan mengerjakan tugas yang telah ditentukan dengan baik. Hal-hal tersebut akan berdampak pada produktivitas, efisiensi dan kepatuhan karyawan

  • Penggunaan Teknologi dalam Pengelolaan SDM

Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja dan keselamatan adalah dengan pemanfaatan teknologi. Contoh teknologinya dapat berupa perangkat lunak pengelola kinerja karyawan, alat pemantauan seperti GPS tracker, serta sistem evaluasi kinerja dan keselamatan karyawan Anda. Mengupayakan peningkatan kinerja dan keselamatan kerja menjadi suatu perkara yang kompleks dalam manajemen SDM perusahaan. Namun, penggunaan teknologi dalam proses pengelolaan SDM akan mempermudah proses pemberian nilai kinerja karyawan dan pemantauan keselamatan kerja mereka.

Itulah beberapa cara manajemen SDM untuk meningkatkan kinerja serta keamanan karyawan. Seperti yang sebelumnya dibahas bahwa teknologi GPS tracker menjadi salah satu teknologi yang memiliki peran penting dalam membantu perusahaan melakukan manajemen SDM. Berikut rekomendasi GPS tracker terbaik yang bisa anda gunakan untuk kemajuan bisnis Anda. 

Rekomendasi GPS Tracker Terbaik untuk Manajemen SDM

GPS tracker dari Arvento bisa menjadi pilihan yang tepat, karena GPS tracker Arvento hadir sebagai sistem pelacakan berteknologi canggih dan fitur-fitur yang semakin inovatif. Seperti pelacakan dan pemantauan real time, laporan dan analisis, peringatan atau notifikasi, pemantauan perilaku mengemudi dan lain sebagainya. Fitur-fitur tersebut pastinya akan mempermudah Anda mengoptimalkan pengelolaan sumber daya manusia dengan praktis dan efisien.

Anda bisa menggunakan paket pelacakan professional untuk membantu perusahaan meningkatkan kinerja serta keamanan karyawan. Anda juga dapat melihat brosur Arvento untuk mengetahui produk Arvento lainnya. Atau hubungi kami di arvento.id apabila Anda perlu berkonsultasi mengenai produk yang cocok dan sesuai dengan preferensi perusahaan Anda.

Hubungi kami untuk konsultasi alat pelacak kendaraan

Receive the latest news in your email
Table of content
Related articles