Mengenal Manajemen Cold Chain Logistic & 4 Keunggulannya!

Mengapa harus menerapkan cold chain logistic dalam pendistribusian bahan baku hasil usaha Anda? Simak bersama penjelasannya di sini!

Bagi beberapa negara yang memiliki standar kehidupan yang tinggi, permintaan akan barang untuk memenuhi kebutuhan juga turut meningkat. Diantara barang-barang tersebut, terdapat satu jenis barang yang memerlukan perhatian lebih yaitu bahan makanan. Sebab bahan makanan umumnya memiliki daerah khusus yang memadai untuk dibudidayakan, maka diperlukan pendistribusian bahan makan ke daerah lain yang tidak memiliki kapasitas untuk membudidayakannya secara merata.

Pendistribusian bahan makanan sangatlah berisiko sebab mudah terkontaminasi, mudah menurun kualitasnya, hingga tidak layak untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, dibutuhkan proses distribusi bahan makanan yang dapat mempertahankan kesegaran.

Di sinilah cold chain logistic memiliki andil dalam proses pendistribusian produk bahan makanan yang dapat mempertahankan kesegaran. Simak lebih lanjut mengenai cold chain logistic, yuk!

 

Apa itu Cold Chain Logistic?

Cold chain logistic apabila diterjemahkan secara literal memiliki arti rantai dingin. Namun, arti sebenarnya ialah sistem supply chain atau rantai pasok yang memperhatikan tingkatan kondisi suhu. Cold chain logistic, atau rantai dingin pasok logistik, melibatkan kendaraan yang dapat mendistribusikan produk dengan aman dan terjamin dengan mempertahankan  suhu dan kelembaban yang sesuai dengan masing-masing produk. Untuk melakukan ini, perusahaan yang memerlukan rantai pasok cold-chain harus menggunakan peralatan dan teknologi canggih untuk memastikan bahwa produk yang Anda terima segar bahkan setelah diangkut jarak jauh.

 

Mengapa perlu Cold Chain Logistic?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa cold chain logistic adalah rantai pasok yang memperhatikan suhu, tujuan rantau dingin ini adalah menjaga produk yang didistribusikan tetap segar dengan suhu beku. Salah satu produk yang membutuhkan kesegaran adalah bahan makanan. Logistik dengan sistem cold chain telah menjadi bagian penting dalam mengangkut makanan dan pasokan yang mudah rusak dari satu tempat ke tempat lain. Barang-barang yang reaktif terhadap suhu harus didistribusikan dengan logistik cold-chain seperti produk lainnya, dan ada banyak ilmu pengetahuan dan teknologi yang digunakan untuk mempertahankan kesegarannya saat memindahkan barang-barang ini.

 

Produk Apa Saja yang Membutuhkan Cold Chain Logistic?

Tak hanya makanan, terdapat beberapa jenis produk lainnya yang membutuhkan kesegaran dan kepastian bahwa produk aman dan berkualitas tinggi dari titik asal selama pendistribusian hingga sampai ke tangan konsumen seperti berikut:

  1. bunga
  2. tanaman
  3. obat-obatan
  4. suplai kesehatan
  5. wine
  6. hasil bumi
  7. bahan makanan olahan yang dibekukan (frozen food)
  8. bahan makanan segar

 

4 Keunggulan Cold Chain Logistic

  • Cold Chain Logistic Menjaga Kestabilan Suhu

Untuk mempertahankan suhu, tekstur, dan kualitas lainnya dari produk yang mudah rusak selama pendistribusian, transportasi dengan cold chain dibutuhkan. Seperti dalam produk hasil tangkapan nelayan, dibutuhkan sistem penyimpanan yang baik agar kesegaran terjaga hingga ke tangan konsumen.

  • Cold Chain Logistic Menjaga Kualitas Produk

Hasil pertanian memiliki harga yang sangat tidak stabil sehingga dibutuhkan penjagaan kualitas agar harga tidak anjlok dan hasil panen tidak cepat busuk sebelum laku terjual. Sehingga, cold chain tak hanya berguna untuk mempertahankan kualitas produk, tetapi juga memperpanjang masa penyimpanan.

  • Cold Chain Logistic Menghindari Kontaminasi

Lalu, pada suplai kesehatan dan obat-obatan, salah satu produk yang didistribusikan dengan sistem cold chain adalah vaksin. Pendistribusian suplai kesehatan dan obat-obatan yang baik sangat krusial sebab menyangkut kualitas hidup seseorang.

  • Cold Chain Logistic Memastikan Rantai Ekonomi Berjalan

Selain menyediakan produk yang berkualitas dan layak bagi konsumen, cold supply chain logistic juga berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi karena untuk mencapai kepuasan konsumen membutuhkan tenaga kerja yang memadai. Sebab, untuk menerapkan sistem cold chain, perusahaan Anda diharuskan memiliki tenaga kerja terlatih yang dapat diandalkan pada setiap proses pendistribusian. Tenaga kerja diperlukan untuk pekerjaan gudang, distribusi, transportasi, dan mengemudi truk.

 

Jika produk yang sebelumnya telah disebutkan tidak disimpan pada suhu yang seharusnya, dapat mengalami perubahan warna, memar, degradasi tekstur, dan yang paling bahaya adalah pertumbuhan mikroba serta terkontaminasi virus. Saat hal ini sudah terjadi, produk yang didistribusikan sudah tidak ideal untuk dijual, terlebih lagi dikonsumsi dan menjadi terbuang sia-sia.

Melihat pentingnya manajemen sistem logistik cold chain, mengontrol armada transportasi cold chain Anda pun tidak kalah penting, lho! Tapi tak perlu khawatir karena kini Anda dapat melakukan pemantauan kondisi kendaraan Anda dari mana saja, kapan saja, dengan perangkat pintar apapun yang Anda punya, dan dengan kondisi jaringan yang tidak terduga. Keuntungan-keuntungan tersebut tentunya mampu meningkatkan tingkat produktivita sistem logistik cold chain Anda karena dapat mengeliminasi rasa khawatir, dapat mempercepat penanganan apabila terdapat masalah, dan yang terpenting adalah dapat mencegah munculnya masalah.

Tak hanya kecanggihan kompatibilitas perangkat, banyak fitur lainnya untuk kelancaran cold chain logistic Anda yang dapat diandalkan dari paket standar pelacak kendaraan Arvento yang dapat Anda dalami lebih lanjut disini!

Kunjungi arvento.id untuk informasi dan konsultasi lebih lanjut mengenai produk kami. Jangan ragu-ragu, ya!

Hubungi kami untuk konsultasi alat pelacak kendaraan

Receive the latest news in your email
Table of content
Related articles